Thursday, January 12, 2012

Tumpang Sari Aquaponics - Kompos dan Biogas


Dari akuaponik kita kembangkan lebih lanjut sistem tumpang sari yang lainnya. Pakan buatan menghabiskan kurang lebih 60% biaya operasional. Untuk mengurangi biaya tersebut kita tambahkan sistem tumpang sari pakan alami seperti larva lalat BSF dan cacing ke dalam sistem tumpang sari kita.
Kotoran hewan dan limbah sayuran (2)(3)(15) dimasukkan dalam satu wadah. Larva lalat BSF dibiarkan berkoloni dan memakan limbah tersebut (6). Hasil dari proses oleh llarva lalat BSF dilanjutkan lagi oleh cacing (7). Kompos yang dihasilkan dalam dua bentuk yaitu cair dan padat (8). Yang bentuk cair kita masukkan ke dalam sistem akuaponik (3), sedangkan yang bentuk padat kita sebarkan di atas tanah (10). Dan larva BSF dan cacing bisa diberikan sebagai pakan ke ikan dan unggas.
Bio-Gas, limbah ternak dan sayuran yang sudah dirajang kecil-kecil bisa juga diproses dalam wadah digester (9). Hasil fermentasi dalam digester akan menghasilkan bio-gas yang bisa dipakai untuk memasak. Sisa limbah yang dikeluarkan dari digester bisa dipakai sebagai kompos atau untuk membesarkan duckweed dan lalat BSF

No comments:

Post a Comment